Laman

Minggu, 08 Mei 2011

Menambal Ban Tubeless

Ada yang penasaran ga sama cara nambel ban tubeless?
Buat info aja nih. Kalo nambal ban tubeless di si Lay 10rb per titik bocor, lah kalo kena 3 titik jadi 30rb-an. Mahal itu.

Nah bagi saya buang2 duit untuk belajar gpp, toh ntar kalo udah sendiri, bakal menghemat pengeluaran.

Beli toolkit. Untuk pemula, saya beli di carrefour aja. Toolkit udah dapet sepaket, 2 buah tools, dan 5 batang tambalan. Harga 25rb-an. (bayangin kalo di tambal ban, 5x tambel udah 50rb-an nih)




Sekalian saya beli pompa injek, ya mahal2 dikit gpp. 50rb-an.

Sampe rumah langsung praktek. Pompa ban sampe kenceng, terus ukur pake pengukur tekanan (dibeli terpisah harga 15rb-an).


Kira2 sampe tekanan 40.




Terus ambil sabun colek sama spon. Di airin. Usap ke seluruh permukaan tapak ban. Kalo ada bocor pasti keliatan.


Tandai kalo lebih dari 1. Tapi kalo cuma 1 langsung tusuk aja pake toolkit yang runcingnya... (asli susah dan pegel masukkinnya) ini dimaksudkan biar lubangnya makin lebar. Oiya jangan lupa pakunya keluarin dulu...


Terus siapin lagi lem batangannya di alat satunya. Selipin ke dalam bolongan obengnya. Terus tusuk ke lobang yang tadi.

Diemin 10 detik sampe keras, Baru tarik deh. Sisanya si lem tinggal di potong pake kater. Beres...

Cek tekanan angin, sama cek pake sabun lagi.

Kalo lem penambalnya abis, bisa cari di bengkel2 pusat gitu, karena gw di depok, gw beli di ramanda. Harga cuma 10rb-an.

Semoga tips ga keren ini bisa bermanfaat.

1 komentar:

  1. gan klo harga buat tambalan tubeless'a ajh brp?
    trus nyari'a dmana?

    BalasHapus