Laman

Sabtu, 03 Januari 2009

MEMBERSIHKAN JEROAN DALAM MESIN

Ada yang sudah mencoba cairan pembersih mesin Engine Conditioner (Enco) AHRS? Cairan ini sebenarnya hanya pembelian nama dari AHRS, aslinya di produksi oleh JAG77, jika beli yang di patenkan AHRS maka harganya Rp. 30 rb. Sedangkan jika merk JAG77 silahkan cari sendiri harganya di hipermart terkemuka. Ukuran lebih besar dan harga sedikit lebih mahal. Tapi fungsi yang pasti sih sama.
Karena penasaran dengan iklan yang di gembar gemborkan di motor plus akhirnya saya langsung mencoba beli langsung ke showroom AHRS di Tole Iskandar. Dan di coba langsung saat melakukan service motor di bengkel langganan SINERGI. Kalo menurut petunjuk penggunaan di kemasannya Enco ini sebenarnya di gunakan untuk membersihkan karburator saja. Untuk membersihkan blok mesin hanya untuk mesin 2 tak.
“hidupkan mesin dan hangatkan sekitar 10-15 menit, lepaskan saringan udara dan matikan mesin, pasang selang pada pentil penyemprot Engine Conditioner dan kocok kaleng sebelum penggunaan, untuk membersihkan karburator semprotkan engine conditioner ke lubang karburator sampai sepenuhnya tertutup busa (termasuk plat choke), ulangi penyemprotan 3-4 menit jika perlu, untuk membersihkan seher piston (mesin 2 tak), buka blok head, lalu semprotkan engine conditioner pada kepala seher sampai merata, biarkan mesin selama 5-10 menit, hidupkan mesin dan mainkan gas sampai gas buang menjadi jernih dan mesin terasa ringan, pasang kembali saringan udara yang sudah dibersihkan.”.


Nah loh.. nggak ada mesin 4 tak kan? Tapi di iklan katanya sih bisa. Ya udah langsung di semprot aja lewat lubang busi, buka dulu businya terus di semprot sampai penuh dan luber keluar lewat lubang busi. Nyalain mesin dan geber2 gasnya. Kemudian oleh mekanik (pak De Joko jagoan korek) di semprot lagi lewat lubang karburator sebanyak 3x dalam porsi yang banyak. Sekali semprot terus geber2… asap yang keluar banyak banget, putih dan bikin pedih mata. Kemudian diulang lagi sampai 2x. Ternyata hasilnya lumayan juga mesin dirasakan menjadi lebih enteng.
Sebenarnya penggunaan engine conditioner untuk mesin yang sudah lama tidak dibersihkan dirasakan tidak efektif, karena hal tersebut sudah pernah di tes oleh motorplus, karena kerak yang rontok hanya sedikit. Penggunaannya lebih efektif bila sebelumnya piston dan kerak2 di dalam mesin telah di bersihkan, dan engine conditioner digunakan tiap beberapa bulan sekali setelahnya. Jadi maksudnya lebih ke arah perawatan, bukan penyembuhan.
Penasaran? Coba aja…
xTx

Tidak ada komentar:

Posting Komentar