Laman

Kamis, 01 Januari 2009

PERBESAR SPUYER NEW SHOGUN 110

Isi dan foto disadur dari artikel Motorplus by Aong/GT

Spuyer New Shogun 110 lebih kecil. Pilot-jet-nya 15 dan main-jet 67,5. Padahal, Shogun lama (Kebo) pilot-jet 17,5 dan main-jet 90. Parahnya lagi, boks udara New Shogun 110 kecil mengejar tebeng ramping. Di boks udara pun dilengkapi sekat. Udara ke karbu seperti dicekek. Napas mesin kurang plong seperti terserang flu.

Kuncinya, harus melepas sekat boks udara. Otomatis spuyer harus diganti dengan Shogun lama. “Paling mahal spuyer orisinil dijual pilot jet Rp 50 ribu dan Main jet Rp 45 ribu. Yang Kitaco @Rp 20.000. Cari saja ukurannya pilot-jet 17,5 dan main-jet 90”

Mari praktek ganti spuyer dan membuang sekat filter. Copot sayap kiri-kanan, sampeyan bisa. Perhatikan pegangan di bawah jok, cukup dilepas dua klipnya. Lepas slang pernapasan mesin di pantat filter. Gunakan obeng kembang besar membuka dua sekrup pengikat boks filter di rangka tengah.

Pakai obeng kembang kecil membuka sekrup klem filter dan karbu. Cabut boks filter ke kiri. Kendurkan dengan obeng kembang kecil tiga sekrup penutup saringan (gbr. 1).

Coba lihat di balik tutup filter, pasti terdapat sekat. Langsung aja dicabut (gbr. 2). Hati-hati, jangan sampai pecah. Pasang kembali tutup filter. Sekatnya disimpan saja. Sewaktu-waktu bisa mengganjal pantat tepos.


Bongkar karbu, gunakan kunci pas 12 membuka mur kabel cuk (gbr. 3).

Fungsikan kunci ring 10 untuk membuka baut karburator dengan leher angsa. Cabut karburator. Gunakan obeng kembang membuka dua sekrup pengikat tutup skep. Lanjut, empat sekrup mangkuk karbu. Lepas main-jet, gunakan obeng min (gbr. 4).

Buka pilot-jet pakai obeng min kecil (gbr. 5).

Pasang pilot dan main-jet. Pasang kembali mangkuk karbu dan kencangkan empat sekrup pengikatnya. Dilanjutkan pasang skep. Selanjutnya, tinggal kebalikan arah bongkarnya. Yang mesti diperhatikan ketika pasang boks filter. Agar tidak mentok, harus dari sebelah kiri lagi.

Baut pengikat piston cuk harus hati-hati dan jangan miring. Bisa slek atau patah, lantaran plastik. Jangan lupa, setelan udara 2 putaran keluar setelah diputar mentok ke kanan. Gunakan saja knalpot standar, dan rasakan bedanya. Dijamin motor mu akan lebih bertenaga.



29 komentar:

  1. Paling mahal spuyer orisinil dijual pilot jet Rp 50 ribu dan Main jet Rp 45 ribu, Kl boleh tau tempat jualnya d mana ya boz, sekitar bekasi atawa jaktim!!

    BalasHapus
  2. Kalo yang ori cari aja di Bengkel Resmi. Kalo yang kitaco coba cari di bengkel biasa. Kalo ada yang jual knalpot racing, seharusnya dia juga jual spuyer Kitaco.
    Saran gw mending pake yang original aja, biar nyetting nya gampang. Kalo kitaco suka amburadul ukurannya. Ya tapi kembali ke pribadi ya. :)
    Kalo ngikutin cara di atas pasti pas kok. Gw udah nyobain. Bensin tetep 1:44 an. <-- inipun pake knalpot racing.

    BalasHapus
  3. klu ditmbahin knalpot racing lebih oke gak......cos mtor shogun ku agak boyot nih... :)

    BalasHapus
  4. kalau ukuran pj & mj shogun 125 yang baru berapa ya?trus klo di bengkel resmi bisa gak beli cuman pj ato mj aja, jgn2 kudu beli satu set repair kit?

    BalasHapus
  5. aku nyobain tips diatas....
    main jet yg ukuran 90 kaga pas di karbu new shogun R 110.. main jetnya terlalu kecil..jadi lobok
    alhasil yg skg yg terpasang pilot jet 17,5 sama main jet 67,5...
    gimana tuh? apa2 ato nggak apa2..??takutnya gak pas...

    BalasHapus
  6. bos ko gw biz bersihin karbu sendiri ko susah nyala y?? knpa pdahal g msang dah bner?? ntar klo di coba nyalain 7 smpe 8 g bisa juga.. eh trus klo di diem 10 menit bru bisa nyala knpa y??

    BalasHapus
  7. @erijal.
    Masa pake MJ 67.5? Kelelep lah. Kan sekat saringannya di lepas dulu. Kalo MJ 67.5 gw juga udah nyoba dulu, malah amburadul.

    @Ilham
    Trial on error bro. Coba2 aja dulu. Bongkar sekali kalo udah bisa masang lagi bagus. Kalo ga bisa nyetting bawa ke bengkel. Terus bulan berikutnya servise lagi di bengkel di cek mana yang kurang waktu ente ngerakit lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ukuran PJ/MJ new shogun mirip gak mas sama smash 110?

      Hapus
  8. @Ibam
    Ya pasti lebih oke pake knalpot racing. Jadi galak motornya. Top speed shogun 110 ngeri juga loh. Kasih track lurus panjang bisa lari kesetanan.

    BalasHapus
  9. Boss Taufan, udah gw coba. Tapi kalo gw pake kenceng kok rasanya agak mbrebet ya?

    BalasHapus
  10. new shogun 110 PJ=15 . . . MJ=67,5
    shogun kebo PJ= 17,5 . . . MJ=90
    -
    malah gedean yang kebo yaa
    ganti ahh, pengen copot saringan udara
    di beres suzuki apa masih ada yaa spuyer PJ MJ Kebo.?
    tu motor kan udah lama banget, apa masih nyediain.?
    -
    beneran pas kan yaa gan.??
    kok ane kurang mudeng ya sama komennya erijal itu
    longgar yang gimana.?

    BalasHapus
  11. pngen coba juga ah,.. trnyata masih ad juga y yg pake shogun 110,. kirain cma ane aj bows,..

    BalasHapus
  12. gan kalu shogun 110 R new pkai karbu karisma....
    kenceng ndak gan????

    BalasHapus
  13. saya udah coba tips nya gan...ternyata emang maknyus....
    carbu ane jetting ulang dengan MJ 90 dan PJ 17.5
    alhasil shogy ane bisa berlari lagi ga ndut-ndutan....

    tambahan bro kemaren sebelum nya shogi ane gak pake jalu stang, getarannya berasa banget, apalagi klw lihat sepion gak jelas dech..iseng2 ane pasang jalu stang sekalian variasi gt...dan hasilnya ane lihat spion kendaraan yang di belakang bisa kelihatan jelas..just info safety riding bro..
    good share bro....
    Thankyou

    BalasHapus
  14. ada ralat bro dari info diatas..
    sekarng PJ/MJ gw pake 17.5/90..kalau di pake pelan RPM nya di bawah 5000 jalan nya ngebrebet bro/ndut-ndutan...itu ini kasi dari PJ nya kebesaran...tapi kalu di pake ngebut...enakeun abis...bisa 120 kpj kalau di jalan lurus...
    gw rasa setingan yang cocok bwt mtr gw pake 15/90..tapi ampe sekrang belum gw ganti tuh PJ soalnya susah nyarinya.
    trus busi nya item penuh jelaga karena campuran terlalu basah.
    ini sharing dari gw, klw ada inputan silahkan...beda mesin dengan seting yang sama hasilnya gak bakalan sama persis. itu kesimpulan gw.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti setting jarumnya ke clip atas aja,banyakan bensin kalo brebet

      Hapus
  15. Kalau shogun 110 R pakai karbu 125 sp, enak pakai PJ/MJ ukuran berapa?

    BalasHapus
  16. standar PJ/MJ carbu 12SP 15/97.5...saran ane kalu mesin masih standar turunin z MJ jadi 90...itu cukup..tapi filter box di lepas ya...

    BalasHapus
  17. bang knpa sih motor shogun 110 ane, kalo di copot saringan udaranya motor ane gk bsa lari kencang, gua gas abisin malah mati?

    BalasHapus
  18. Lebih mantap lagi papas botol skep karbu bagian bawah sekitar 2 mm trus pake per skep punya supra x, tarikan enteng gan, silahkan dicoba

    BalasHapus
  19. Salam Shoguners Indonesia

    BalasHapus
  20. Salam Shoguners Indonesia

    BalasHapus
  21. Gan..ane pake PJ/MJ new Shogun bukan ori malah boros knp ya?

    BalasHapus
  22. Gan..ane pake PJ/MJ new Shogun bukan ori malah boros knp ya?

    BalasHapus
  23. udah coba triknya, tp ko brebet pas rpm atas ga mau lari shogun ane

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sett klip jarum skep ke atas ya,,,, coba experimen dari tengah ke atas,,,

      Hapus
  24. Baca2 ini jd kaget kalau MJ std cm 67,5. Dulu pake smash MJ uda gede jd copot filter gak mslh. Thx bro sharingnya, memang hrs set PJ MJ berarti yaa

    BalasHapus
  25. Min..sy punya Shogun R 110 mau dipasang kopling..bisa gak bak koplingnya pakai Shogun sp..trus bisa gak kalo karbunya diganti pake karburator motor yg speknya lebih gahar...mksih

    BalasHapus