Laman

Kamis, 01 Januari 2009

REKREASI KE DUFAN

Siapa yang belum pernah ke dufan atau niat pergi rekreasi ke dufan? Tapi jarang atau tidak tahu kondisinya sekarang?

Gw mau ceritain step by step jalan2 ke dufan. Berhubung dalam bulan ini gw bakal 2x pergi kesana. Yang pertama adalah tanggal 23 November 2008 bersama kantor Astra Credit Company. Dan yang kedua bersama kantor ExsaMap Asia.

Pada tanggal 23 November setelah gw mendapatkan tiket gratisan yang memang merupakan jatah gw pribadi. Maka berangkatlah dari rumah menuju Dufan. Karena tahu DUFAN BUKA JAM 11 siang maka gw pergi agak siang tanpa berniat ikut acara yang di adakan kantor di dufan pada pagi harinya. Berangkat dari rumah naik motor ke kantor (TB. Simatupang di deket rancho). Kemudian dari kantor nyebrang jembatan penyebrangan naik angkot merah menuju pasar rebo. Bayar angkot sekarang berapa sih? Gw liatin orang bayar jarak dekat Rp.2000. Ya udah gw bayar segitu deh sampe pasar rebo. Kemudian dilanjutkan naik busway. Berapa sih harga tiket bus Transjakarta? Rp.3500. Naik dari halte Transjakarta pasar rebo menuju halte kampung melayu. Untuk transit ke bus yang menuju Dufan. Tanpa menunggu lama bus sudah standby dan langsung jalan. Karena masih kosong maka bisa duduk dengan tenang. Bus TransJakarta akan masuk sampe ke dalam Ancol nya. Loh enak donk bisa masuk ancol gratis? Tentu tidak.. karena saat keluar dari bus maka kita harus membayar tiket masuk ancol sebesar Rp.10.000. Perjalanan bus dari pasar rebo menuju ancol pada hari Minggu itu jika di hitung adalah selama 1,5 jam. Lumayan lama juga ya. Turun dari halte jika ingin menuju ke dufan maka kita berjalan ke arah kanan saja. Loket dufan saat ini sudah berubah menjadi lebih besar dan lebih keren (dibanding jaman 5 tahun lalu). HTM nya? Rp.100.000 semakin mahal aja yah… Tapi gw belum tanya apakah jika membayar dengan ATM BNI masih dapat potongan 30%. Kan lumayan jadi Rp.70.000.

Tapi berhubung gratisan, ya lanjut aja deh. Bagi yang membawa kamera dapat berfoto dulu, di dekat loket ada patung maskot dufan. Lumayan sebagai kenang2 an kan.

Tiket sudah di tangan, hasrat sudah ingin bersenang-senang. Tetapi pintu gerbang belum dibuka. Nah kamu bisa mengetahui wahana apa yang beroperasi dan yang tidak di depan pintu gerbang Dufan. Disitu Dufan menginformasikan wahana yang sedang di lakukan maintenance. Jika itu wahana favorit mu yang tidak beroperasional. Wah siap2 gigit jari deh. Hehehe.. Jam 11.00 WIB tiba. Pintu gerbang di buka. Pengunjung antri untuk masuk dan mendapatkan cap sebagai tanda masuk.

Oh iya mau menambahkan Dufan juga menjual tiket yang di sebut FAST TRACK, tiket ini seharga Rp.100.000 juga. Apa itu tiket Fast Track. Tiket ini digunakan untuk masuk ke beberapa wahana terfavorit dan terbaik yang dimiliki Dufan. Kalo tidak salah ada sekitar 6 wahana (Halilintar, Extreme Log, Arung Jeram, dll). Apa bedanya? Kita bisa masuk tanpa antri. Tau sendiri kan wahana2 tersebut antrinya panjang sekali.

Setelah melewati pintu gerbang maka wahana yang langsung terlihat adalah Carrousel (kuda2 an itu loh). Nah di samping carrousel ada peta lokasi wahana. Sebaiknya kamu melihat peta tersebut. Agar kakimu tidak pegal muter2 nyari wahana. Dan bisa langsung menuju spot nya.

Aku review wahana2 nya yah. Semua permainan yang berputar aku tidak suka karena pasti mual dan bikin jackppot. Makanya aku hindari mulai dari burung rajawali, gajah bledug(bocah banget) ontang anting dll. Kurang hapal namanya. Jika kamu agak takut wahana yang ber adrenalin mendingan naik yang muter2 kayak gini. Daripada rugi kan? Atau bisa main bumper car (bom bom car) tabrak tabrakan deh sampe puas. Tapi hati2 goncangannya agak keras.

Tornado. Aku ga percaya berita yang mengatakan bahwa ada pengunjung naik yang tornado meninggal karena terlempar. Tapi jika itu memang benar. Ya bagus kan.. Naik wahana sambil berharap agar tidak mati terlempar ke tanah. Menambah kengerian. Naik tornado rasanya seperti kamu melakukan jungkir balik di udara. Sport jantung ga? Nggak, tapi akan iya jawabannya bagi para pengidap phobia ketinggian. Aku naik Tornado ga pegangan di pengamannya. Kaki aja aku goyang-goyang. Bikin rileks aja. Ga usah teriak keras2, cukup ketawa ketawa kayak orang gila, udah asik kok. Ini dari hasil pengalaman aja sih. Dulu aku ketawa dan teriak keras2… yang ada malah tambah pusing dan tambah capek.

Kora2. Ini wahana paling asik euy.. Bentuknya kalo diliat sih ga mengerikan. Tapi saat kamu naik perahu ayun ini rasanya jantung kamu ketinggalan di udara. Mending kalo cuma sekali, kan di ayunnya berulang ulang. Posisi paling enak adalah di belakang. Karena ayunan terasa paling kencang. Mau tambah asik? Berdiri lah saat perahunya mengayun turun. Tapi hati2 ya. Resiko kejungkal di tanggung pribadi.

Halilintar. Wahana ini ga lebih dari 2 menit. Tapi kalo lagi rame antrinya bisa ampun ampun deh. Panjang bener. Posisi paling asik juga di bangku paling belakang. Karena di ekor sudah dapat momentum paling kencang. Jadi saat turun dan kamu berteriak suara kamu sudah habis tapi turunannya masih panjang, wuiih… asik kan.. Tapi bangku paling depan juga enak, karena ngeliat dengan jelas saat halilintarnya turun.

Arung Jeram. Cuma basah doank. Sebaiknya naiknya belakangan.

Extreme Log. Wahana 3 Dimensi. Dimana kita seperti menonton bioskop tapi kursi kita ikut bergoyang mengikuti pergerakan film yang di putar. Sebenernya wahana ini Cuma 3 Dimensi aja dengan kursi goyang, tapi wahana ini selalu mengganti judul film2 nya. Kali ini adalah Extreme Log. Pre Movienya. Alkisah di temukan sebuah bibit pohon yang dapat tumbuh dengan cepat dan besar. Dan di masa depan untuk mengolah pohon tersebut di buatlah pabrik Log, pemotongan pohon. Jadi kita ceritanya berada di atas batang pohon dan mengikuti batang pohon itu sampe ke tempat akhirnya. Ceritanya agak basi. Bahkan di awal mula, movienya error, layar nya terbagi dua. Bagian bawah di atas. Bagian atas di bawah. Agak lama sekitar ½ menit.

Kicir2/Power Surge. Mirip dengan wahana tornado. Kita di putar putar di udara dengan kursi yang lebih kecil. Jangan sampai terlewatkan.

Perang Bintang. Wehehe.. tau gak isi wahana ini kita naik kapal alien. Terus kita nembak2 kin boneka Alien pake pistol. Pistol di lengkapi sensor infra merah. Dan harus tepat di arahkan ke penerima sensor di tubuh boneka/robot alien. Sensor di boneka berwarna hijau, jika terkena tembak maka boneka akan bergerak, dan kita akan mendapatkan score. Score terletak di bagian depan. Score Cuma buat kompetisi antar pengunjung di dalam satu kapal. Ga ngaruh. Dan ga guna. Kalo Cuma mau bengong ngeliatin boneka juga boleh. Dari pada capek mencetin pistolnya. Lumayanlah.. naik aja daripada penasaran. Boneka aliennya keren2 kok.

Istana Boneka

Kita naik perahu yang di ayunkan oleh arus saja. Di dalamnya banyak boneka dari berbagai macam negara dan daerah. Beat lagunya disesuaikan dengan daerah boneka tersebut, berurutan sesuai dengan yang kita lalui. Wahana ini enak banget buat santai.

Balada Kera

Pasti pada males deh masuk ke wahana ini. Karena menggunakan jam pertunjukkan khusus. Udah gitu kayaknya anak kecil banget. Tapi saya suka dengan wahana ini, karena dapat nostalgia. Terus terang saya sudah tidak tertarik lagi ke dufan, tapi sejak masuk wahana ini, jadi semangat lagi. Ini berisikan panggung boneka kera dan monyet yang bernyanyi dan bermain musik. Di selingi lelucon2 garing. Karena teman2 saya pada BT jadinya ga sampe selesai deh untuk melihatnya.

Dan masih banyak lagi wahana lainnya. Kamu bisa dapat informasi lebih mengenai wahana2 di Dufan melalui bagian informasi. Karena Dufan memiliki buklet peta dan keterangan wahana2 nya.

Tambahan, waktu saya kesana pada tanggal 20 Desember 2008, terdapat pertunjukkan basket VS motor. Keren loh atraksinya, acara di adakan di bekas wahana Ramasinta. Berupa panggung pertunjukkan yang sudah di design sedemikian rupa.

Ceritanya ada sekelompok remaja yang sedang berjoget di lapangan. Kemudian datanglah para pebasket yang mengusir mereka semua, karena mereka mau main basket. Di mulailah atraksi2 tersebut. Mereka berlari sambil membawa bola, kemudian lompat di atas trampolin dan melakukan slam dunk ataupun salto di ring basket. Sekitar 15 menit mereka bersalto ria, datanglah gang motor yang mengusir anak basket tersebut, giliran gang motor yang beratraksi ria, mereka wheeli, stoppie, jumping, dan lain2. 15 menit kemudian anak basket datang kembali dan mengusir gang motor tersebut. Gang motor di uber-uber oleh anak basket. Anak basket nya beratraksi lagi. Selanjutnya..?

Saya di suruh pulang oleh panitia, nontonnya tanggung banget… Jadi ga tau akhirnya seperti apa. Saya sempat merekam aksi mereka. Kalo mau lihat nanti saya coba upload.




1 komentar: